• (021) 6259984 (ext:107)
  • admission@stikesrshusada.ac.id

Berita

APA ITU PERAWAT dan KENAPA MENJADI PERAWAT
20 Aug 2017

APA ITU PERAWAT?

Suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spritual yang komprehensif serta ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh siklus kehidupan manusia.

Perawat saat ini dapat menyelenggarakan praktik keperawatan mandiri. Ketentuan ini telah diatur dalam peraturan KEMENKES RI No. 17 Tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan kemenkes No. HK.02.02/MENKES/148/I/2010 tentang izin dan penyelenggaraan praktik perawat. Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa perawat yang memiliki Surat Izin Praktik Perawat yang selanjutnya disingkat SIPP diberikan kewenangan untuk menjalankan praktik keperawatan di fasilitas pelayanan kesehatan berupa praktik mandiri. Perawat yang dapat menjalankan praktik mandiri minimal berpendidikan Diploma III (D III) Keperawatan.

Nursing encompasses autonomous and collaborative care of individuals of all ages, families, groups and communities, sick or well and in all settings. Nursing includes the promotion of health, prevention of illness, and the care of ill, disabled and dying people. Advocacy, promotion of a safe environment, research, participation in shaping health policy and in patient and health systems management, and education are also key nursing roles. (ICN, 2002).

The nurse is prepared and authorized  to engage in the general scope of nursing practice, including the promotion of health, prevention of illness, and care of physically ill, mentally ill, and disabled people of all ages and in all health care and other community settings; to carry out health care teaching; (3) to participate fully as a member of the health care team;  to supervise and train nursing and health care auxiliaries; and to be involved in research.  (ICN, 1987)

MENGAPA PERAWAT?  

Banyaknya rumah sakit baru yang didirikan, perusahaan asuransi yang semakin banyak yang membutuhkan tenaga konsultan perawat, perusahaan transportasi yang memiliki klinik sendiri dan lain lain. Supply dan demand menjadi tidak seimbang.  Maka dari itu kebutuhan akan perawat sangat tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri seiring berkembangnya industri kesehatan tersebut.